Makin Lemas Makin Berkurang Kekebalan Tubuh

Dalam kehidupan ini tak seorang pun manusia yang bebas dari masalah. Hampir semua orang mengalami masalah. Begitu pula dalam menjalin sebuah hubungan, pastilah ada beberapa masalah yang bisa membuat Anda cemas yang akhirnya berdampak pada melemahnya kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian dari Ohio State University’s Institute for Behavioural Medicine Research (IBMR) menguji seputar perilaku pasangan suami istri dalam menjalin hubungan.

Dalam penelitian ini digunakan sampel darah dan air liur untuk mengetahui tingkat stres yang berkaitan dengan hormon kortisol dan jumlah sel tertentu yang berhubungan dengan imunitas tubuh.

Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa kondisi cemas atau gelisah yang terjadi karena adanya masalah dalam hubungan dapat menjadi stressor kronis yang bisa mempengaruhi kekebalan tubuh.

Seseorang yang cemas akibat adanya masalah dalam hubungan pernikahan tingkat stresnya akan lebih tinggi, hormon kortisolnya pun akan meningkat. Akibatnya, tubuh akan menjadi lemah dan sistem kekebalan tubuh melawan infeksi makin berkurang.

Menurut pimpinan penelitian ini, Lisa Jaremka, masalah yang terjadi dalam hubungan tiap pasangan akan memicu kecemasan. Namun, kecemasan yang paling tinggi dapat terjadi pada seseorang yang mengalami kekhawatiran yang terus mnerus terjadi dalam sebagian besar hubungan mereka.

Seseorang yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi menghasilkan 11 persen hormon kortisol melebihi mereka yang memiliki kecemasan rendah.

Makin cemas seseorang maka mereka memiliki antara 11 samapi 22 persen sel kekebalan tubuh yang lebih sedikit.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s