Langkah Mudah Atasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi memengaruhi satu dari tiga individu dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada kesehatan. Tekanan darah tinggi meningkatkan juga risiko penyakit jantung, penyakit ginjal dan diabetes. 
 
Penyakit tekanan darah tinggi sering dikenal sebagai silent killer dan memengaruhi satu dari tiga oranh di atas usia 18 tahun. Deteksi dini penting dan semua orang dewasa harus mengetahui tekanan darah mereka atau mencegah agar tekanan darah tidak terlalu tinggi. Perubahan gaya hidup dapat mengurangi tekanan darah, juga dengan membuat beberapa perubahan kecil dalam hidup Anda, maka Anda bisa terbebas dari hipertensi. Berikut ini beberapa pencegahan hipertensi seperti yang dilansir Healthmeup.
 
Latihan
Situasi stres dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah. Untuk mengatasi hal tersebut, aktif secara fisik adalah salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengontrol tekanan darah tinggi. Tidur cukup, latihan pernapasan dalam, meditasi, yoga, dan berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dapat membantu mengurangi stres. Contoh kegiatan moderat lainnya adalah jalan cepat, bersepeda, berkebun dan melakukan pekerjaan rumah tangga.
 
Periksa berat badan Anda
Tekanan darah cenderung meningkat setiap kelebihan lima kilogram berat badan. Untuk kesehatan yang optimal, orang dewasa harus menjaga Body Mass Index (BMI) atau massa indeks tubuh, ukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan, antara 18,5-24,9 kgfM2.
 
Batasi alkohol
Tidak hanya terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah, kelebihan minum dapat menyebabkan kondisi tekanan darah dalam jangka panjang. Penting untuk membatasi asupan alkohol Anda agar terhindar dari darah tinggi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s