Makanan Manis & Susu Penyebab Tumbuhnya Jerawat?

Mengonsumsi makanan dengan indeks gula tinggi , seperti nasi putih dan susu, ternyata tidak hanya memperburuk jerawat, tetapi dalam beberapa kasus bisa memicu tumbuhnya jerawat. Seperti dikutip Dailymail.co.uk, penyakit kulit yang menyakitkan ini sudah memengaruhi jutaan remaja dan orang dewasa di seluruh dunia. Jerawat merupakan penyakit kulit yang mengembangkan bintik-bintik bernanah pada leher, wajah, dada, dan punggung.
 
Jerawat disebabkan oleh kombinasi kulit yang memproduksi sebum terlalu banyak dan penumpukan sel-sel mati yang menyumbat pori-pori. Jerawat juga menyebabkan infeksi lokal atau bintik-bintik kemerahan dan dapat menyebabkan rasa cemas, tidak percaya diri, dan bahkan depresi. Sejak akhir abad 19, para peneliti telah menghubungkan pola makan dan jerawat, seperti konsumsi cokelat, gula dan lemak yang dipilih sebagai penyebab utama.
 
Konsumsi makanan tinggi GI bisa menyebabkan lonjakan kadar hormon, termasuk insulin, yang dianggap sebagai pemicu produksi sebum. Menurut sebuah studi pada 2007 di Australia, pria remaja yang menjalani diet ketat rendah GI mengalami perbaikan yang signifikan dalam tingkat keparahan jerawat mereka.
 
Susu diperkirakan mempengaruhi jerawat karena hormon yang dikandungnya. Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa ada hubungan yang jelas antara orang yang minum susu secara teratur dan menderita jerawat. Diperkirakan bahwa proses pengolahan susu bisa meningkatkan kadar hormon tertentu.
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s