Alasan Minuman Bersoda Itu Tidak Sehat

Mengapa sih minuman bersoda itu dilarang, padahal rasanya unik dan menyegarkan. Ada alasan mengapa minuman bersoda sebaiknya dihindari. Selain bagi pelaku diet, minuman bersoda juga baiknya tidak diperkenalkan pada anak-anak. Inilah kumpulan alasan seperti dikutip dari spotonlist.com, jauhi minuman bersoda.
 
Racun bagi anak-anak
Minuman bersoda adalah racun bagi anak-anak. Karena anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan, maka yang diperlukan oleh mereka adalah nutrisi yang maksimal. Sedangkan minuman bersoda cenderung hanya memberikan perasa dan warna yang unik saja, tidak ada kandungan nutrisi apapun di dalamnya. Hanya gula, pewarna, dan rasa unik di lidah.
 
Lantas, apa yang bisa dipetik dari minuman bersoda?
Sebuah penelitian menuding bahwa minuman bersodalah yang harus bertanggung jawab terhadap kurangnya kepercayaan diri anak-anak, rasa gugup serta gangguan mental. Belum ada penelitian lebih lanjut soal hal ini.
 
Mempengaruhi otak
Otak adalah bagian yang sangat penting dan sensitif dari manusia. Tanpa otak, tentunya tubuh tidak berfungsi dengan baik. Soda yang terkandung pada minuman berkarbonasi biasanya tinggi akan asam, dan asam dapat meningkatkan resiko kerusakan pada otak. Bahkan, dalam volume tertentu, asam dapat menyebabkan mineral meleleh. Nah, bayangkan bagaimana pengaruh soda terhadap otak.
 
Kerusakan pada gigi
Kandungan gula yang cukup besar dalam minuman bersoda dapat mempengaruhi kondisi gigi serta gusi. Sekalipun embel-embel low sugar diimbuhkan, namun gigi akan jauh lebih sehat kondisinya jika tidak dipengaruhi oleh minuman tinggi asam ini.
 
Susah buang air besar
Pernah mengalami sembelit setelah minum minuman bersoda? Nah, itulah. Minuman bersoda dapat mempengaruhi kondisi pencernaan tubuh, membuat seseorang sulit buang air besar karena makanan jadi sulit diserap nutrisinya. Ditambah dengan makan junk food, minuman bersoda hanya akan membuat tubuh Anda menimbun lemak dan gula.
 
Dehidrasi
Setelah mengonsumsi minuman bersoda, biasanya tubuh mudah lelah dan mudah merasa haus. Akibatnya jadi ingin minum terus menerus. Dan inilah sebabnya minum minuman bersoda rapat menyebabkan kegemukan. Sebaiknya minum air mineral saja, yang dapat mengatasi rasa dahaga tanpa kandungan lemak ataupun gula di dalamnya
 
Tidak mengandung nutrisi
Sempat disebutkan di atas, minuman bersoda tidak mengandung nutrisi apapun. Ya, itu benar. Minuman bersoda hanyalah minuman yang kaya akan gula tanpa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.
 
Selain membuat kecanduan dan menimbulkan masalah, minuman bersoda hanya ada untuk membuat Anda happy saja. Tidak membuat tubuh menjadi sehat. Kalau sudah tahu minuman bersoda tidak ada manfaatnya, mengapa Anda harus memilih minuman tersebut untuk dikonsumsi? Mari beralih ke air mineral atau jus buah alami saja, demi kesehatan tubuh Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s