6 makanan yang dapat mengatasi susah tidur.

 

 

susah tidur.Penyakit sulit tidur mungkin tidak semua orang mengalami, namun betapa penyakit ini sangat mengganggu karena akan mempengaruhi aktifitas keesokan harinya.

8 jam merupakan jumlah tidur yang ideal setiap harinya. Namun banyak mereka yang kekurangan tidur akibat aktivitas sehari-hari atau bahkan karena insomnia. Sehingga, beberapa orang memilih untuk mengonsumsi obat tidur.

Namun, hal itu tidak baik bagi kesehatan. Berikut 6 jeni makanan yg memang sudah terbukti mampu membantu anda untuk cepat tidur.

1. Biji-bijian

Sejumlah manfaat ada dalam biji-bijian, seperti kacang. Tidak hanya dapat membuat organ hati Anda kuat dan sehat, mereka juga kaya akan omega-3 yang dapat membuat suasana hati Anda meningkat dan bebas dari efek samping. Selain itu, kacang-kacangan juga dikenal sebagai sumber terbaik antioksidan. Secangkir kecil almon atau biji rami tepat dikonsumsi sebelum tidur dan membantu Anda tidur dengan pulas.

2. Oatmeal

Oatmeal atau havermut dapat menjadi camilan besar dan baik dikonsumsi sebelum tidur. Sebab, makanan ini sangat kaya akan karbohidrat. Faktanya, oatmeal dapat merangsang produksi alami serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat sistem pencernaan makanan lebih lambat dalam bekerja. Hal ini menyebabkan Anda terus merasa kenyang dan dijamin tidur Anda nyenyak sepanjang malam.

3. Kentang

Mau digoreng atau dipanggang, kentang tetap enak untuk disantap. Tidak hanya lezat, kentang juga menjadi sumber tryptophan, hormon yang menginduksi tidur. Selain itu, kentang juga memiliki efek yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

4. Pisang

Buah pisang telah digunakan sebagai induser alami selama puluhan tahun. Namun, banyak dari Anda yang belum mengetahuinya. Seperti oatmeal, buah pisang juga dapat meningkatkan kadar serotonin dan melatonin. Selain itu, buah ini juga dapat menjadi relaksan otot alami yang membantu tubuh Anda merasa santai dan Anda lebih mudah untuk terbawa ke alam mimpi.

5. Relaxing Tea

Susu dan madu mungkin menjadi kombinasi yang lezat. Namun, beberapa jenis teh juga bisa memberikan efek penenang ringan yang sangat cocok untuk orang yang sulit tidur. Peppermint dan teh herbal menjadi jenis teh yang paling populer dan dikenal dapat menginduksi tidur Anda.

6. Susu hangat dan madu

Sebelum menuju ke kasur, banyak orang minum susu terlebih dahulu. Namun, banyak juga yang menganggap kebiasaan minum susu sebelum tidur dapat menyebabkan berat badan naik. Jangan salah, ternyata susu memang baik dikonsumsi sebelum tidur. Sebab, di dalamnya mengandung tryptophan asam amino. Tak hanya susu, madu juga baik untuk diminum sebelum tidur. Sebab, madu dapat melemaskan otot-otot tubuh dan pikiran Anda.

Sangat sederhana bukan untuk mengatasi masalah sulit tidur anda, gak mesti harus mengkonsumsi obat obatan  untuk terhindar dari insomnia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s