Tips Mendeteksi Kesehatan Lewat Kuku

Apakah Anda tahu kuku Anda dapat mendeteksi kesehatan Anda secara keseluruhan? Warna putih, kebiruan, menguning, bahkan kuku retak mungkin merupakan tanda penyakit dalam tubuh seperti permasalahan dalam hati, paru-paru, dan jantung. Deteksi penyakit yang ada ditubuh Anda melalui kuku seperti yang dilansir dari webmd.com berikut ini.

Kuku Pucat
Kuku sangat pucat kadang-kadang bisa menjadi tanda penyakit serius, seperti anemia, gagal jantung kongestif, penyakit liver, dan gizi buruk.

Kuku Putih
Jika warna kuku sebagian besar berwarna putih dengan bagian pinggir gelap dapat mengindikasikan masalah liver, seperti hepatitis.

Kuku Kuning
Salah satu penyebab paling umum dari kuku yang berwarna kuning adalah infeksi jamur. Kondisi ini diperburuk dengan kuku dapat tercabut, dan menebal serta hancur. Dalam kasus yang jarang, kuku kuning dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid/gondok yang parah, penyakit paru-paru, dan diabetes.

Kuku Kebiruan
Kuku dengan warna kebiru-biruan dapat diartikan tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Ini bisa mengindikasikan adanya infeksi di paru-paru, seperti pneumonia. Beberapa masalah jantung juga dapat dikaitkan dengan warna kuku yang kebiruan.

Kuku Berkerut
Jika permukaan kuku berkerut atau berlubang, ini mungkin merupakan tanda awal psoriasis atau radang arthritis. Perubahan warna kuku yang umum, yakni kulit di bawah kuku dapat tampak cokelat kemerahan.

Kuku Retak dan Pecah
Kering, rapuh yang sering retak atau pecah dapat dikaitkan dengan penyakit tiroid. Kuku retak atau pecah jika dikombinasikan dengan warna kekuningan lebih mungkin disebabkan oleh infeksi jamur.

Garis Gelap di Balik Kuku
Garis-garis gelap di balik kuku harus diselidiki sesegera mungkin. Hal tersebut kadang-kadang disebabkan oleh melanoma, jenis paling berbahaya dari kanker kulit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s