Tips Redakan Hidung Tersumbat dengan Larutan Garam

Anda menderita hidung tersumbat akibat alergi atau pilek? Mencuci hidung dengan larutan garam (saline solution ) dipercaya dapat membantu melegakannya.

Cairan garam bermanfaat mencuci lendir sekaligus alergen. Beberapa ilmuwan percaya, mencuci hidung dengan larutan garam dapat meredakan gejala pada penderita sinus kronis, alergi dengan hidung berair, sinusitis akut, pilek, juga gejala flu disertai hidung tersumbat. Cara ini dikatakan aman bagi anak-anak dan dewasa.

Berikut Tips Redakan Hidung Tersumbat dengan Larutan Garam :

1.Tentukan yang dibutuhkan
Untuk membasahi hidung, Anda akan membutuhkan wadah dan larutan garam. Anda dapat membeli pre filled container (semacam wadah spesimen), menggunakan semprotan atau neti pot. Semua bisa didapat dari toko obat.

2.Mencampur larutan garam
Setelah Anda memilih pre filled container , Anda dapat melewatkan langkah ini. Jika tidak, Anda dapat membeli bubuk larutan garam dan ikuti petunjuk pada label, atau membuatnya sendiri. Caranya, campur satu atau dua cangkir air hangat dengan ¼ atau ½ sendok teh garam tak beryodium, dan sejumput baking soda (berguna meringankan reaksi garam). Sebagai catatan, gunakan air suling/steril/air matang untuk membuat larutan demi mencegah infeksi.

3.Ambil posisi
Jika Anda menggunakan botol, neti pot, maupun alat suntik (tanpa jarumnya), condongkan tubuh hingga posisi kepala di atas wastafel, dengan posisi miring membentuk sudut 45 derajat. Miringkan kepala ke arah samping (melihat ke samping) sehingga lubang hidung menunjuk ke arah wastafel. Jangan memiringkan kepala Anda kembali.

4.Tuangkan larutan garam 
Tempatkan cerat neti pot, ujung alat suntik, ataupun botol sehingga lubang berada di dalam hidung, lalu pencet. Sebaiknya ujung lubang botol masuk tidak lebih dari lebar satu jari. Jaga mulut Anda tetap terbuka, dan bernafas lewat mulut ketika larutan dimasukkan ke dalam hidung.

5. Biarkan tiris
Air garam akan berjalan melalui hidung dan mengalir keluar dari lubang hidung yang lain (atau mulut) ketika larutan garam dimasukkan ke hidung dalam posisi kepala miring ke samping. Sesaat setelah hal ini dilakukan, Anda harus meludah agar cairan keluar dan tidak tertelan. Tetapi jika cairan ada yang tertelan juga tak mengapa.

6.Bersihkan hidung dan ulangi
Tiup lembut udara melalui hidung untuk membersihkan sisa larutan. Ulangi prosedur pada lubang hidung yang lain. Setelah selesai, buang sisa larutan dan bersihkan alat yang usai digunakan. Biarkan udara mengeringkannya, lalu simpan dalam tempat yang bersih dan kering.

Catatan :

  • Jika saat membersihkan lubang hidung terasa panas atau pedih, coba kurangi kadar garam dalam larutan, dan pastikan Anda menggunakan air suam-suam kuku.
  • Pastikan Anda memiringkan kepala ke samping dahulu dengan sudut 45 derajat, dan jangan memiringkan kepala Anda kembali.
  • Jaga mulut tetap terbuka sehingga Anda tidak bernafas melalui hidung dan “mengisap” larutan garam.
  • Gunakan larutan garam sekali sehari saja untuk membantu mengencerkan lendir, menurunkan jumlah tetesan lendir hidung, dan membersihkan hidung dari bakteri. Hal ini juga dapat membersihkan alergen yang terhirup. Setelah gejala reda, ulangi dengan frekuensi tiga kali seminggu untuk menjaga hidung terbebas dari gejala.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s