Zat Dalam Makanan Ini Sebabkan Migrain

Semua orang yang pernah mengalami migrain atau sakit kepala sebelah pasti tahu bagaimana rasa sakit yang diakibatkan oleh penyakit ini. Gejala dan rasa sakit akibat migrain bisa lebih parah dari sakit kepala biasa dan bertahan hingga berjam-jam. Beberapa gejala migrain antara lain mual, muntah, pandangan yang kabur, dan sensitif pada cahaya serta suara. 
 
Sayangnya hingga saat ini tak ada panduan pasti tentang bagaimana mencegah migrain. Pemicu migrain bisa bermacam-macam bergantung pada orangnya. Namun tentu tak ada salahnya mewaspadai hal yang bisa memicu migrain, terutama pada makanan. Berikut adalah beberapa zat dalam makanan yang bisa memicu munculnya migrain, seperti dilansir oleh US News.
 
1. Tyramine
Zat tyramine bisa ditemukan secara alami dalam makanan. Tyramine adalah zat yang diproduksi oleh protein ketika makanan mulai dibiarkan lama. Semakin lama umur makanan, maka semakin banyak juga tyramine yang diproduksi. Beberapa makanan yang mengandung tyramine adalah keju, baik mozarella maupun cheddar. Selain dalam keju, beberapa daging olahan juga mengandung tyramine, seperti hot dog, bacon, ham, dan lainnya. Beberapa buah dan produk kedelai juga memiliki tyramine, seperti tahu, buah kering, acar, pisang, dan alpukat. Pada buah-buahan, kadar tyramine semakin tinggi ketika buah terlambat dipanen.
 
2. Alkohol
Alkohol meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini bisa menyebabkan migrain. Alkohol dalam minuman seperti wine, bir, whiskey, dan sampanye bisa menyebabkan migrain.
 
3. Tannin
Tannin adalah bahan yang bisa memberikan rasa tertentu pada tanaman. Tannin bisa ditemukan dalam teh, apel merah, pir, cuka sari apel, dan red wine. Makanan lain yang mengandung tannin dalam kadar tinggi adalah lemon, jeruk nipis, jambu, melon madu, jeruk, nanas, aprikot, dan blackberry. Ketika buah-buahan dipanen, jumlah tannin menurun dan fruktosa meningkat. Untuk itu kebanyakan tannin terdapat dalam kulit buah-buahan.
 
4. Kafein
Kafein sebenarnya bisa juga menjadi hal yang meredakan migrain. Namun dalam beberapa kasus, kafein juga bisa memicu migrain terutama pada orang yang sensitif pada kafein. Jika Anda termasuk orang yang sensitif pada kafein, hindari cokelat, kopi, minuman bersoda, atau teh.
 
Selain zat pemicu migrain di atas, beberapa hal lain juga bisa menyebabkan migrain seperti pemanis buatan, MSG, bahan pengawet, serta sulfida dan nitrat. Jika Anda pernah terkena migrain, sebaiknya awasi makanan yang Anda konsumsi. Pastikan untuk membawa zat yang tertera dalam label makanan sebelum mengonsumsinya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s